Cara Edit Installer Windows

Secara default Installer Windows tidak memiliki program selain bawaan Windows, sehingga jika anda melakukan instal ulang, anda juga harus meng-instal kembali program- program yang anda butuhkan. Demikian juga Driver, Theme, Windows Update dan lainnya. Secara default juga anda harus memilih Bahasa, Keyboard Layout, Computer Name dan memasukkan Product Key. Jika anda ingin mengganti apa yang menjadi bawaan Installer Windows, maka anda harus melakukan edit, dan cara edit Installer Windows bisa dengan menggunakan WinReducer dengan tambahan komponen- komponen yang dibutuhkan WinReducer. Dalam hal ini, yang saya edit adalah Windows 8.1.

Install WinReducer yang sesuai dengan Windows yang anda gunakan.


Ketika pertama anda membuka WinReducer, anda bisa lihat pada bagian Software Detection semua dalam keadaan OFF karena anda belum meng-instal program- program yang dibutuhkan WinReducer. Untuk itu, klik program- program tersebut untuk di-download satu per satu dan anda akan melihat WinReducer seperti berikut.


Selanjutnya akan tampil seperti berikut.


Untuk melakukan edit Installer Windows, anda harus siapkan Installer Windows, apakah dalam bentuk DVD atau file ISO. Klik "START" lalu klik ISO untuk memilih Installer Windows.


Selanjutnya tunggu sampai proses extract selesai.


Selanjutnya klik "MOUNT".


Selanjutnya Menu WinReducer akan muncul yang bisa anda gunakan untuk melakukan edit Installer Windows yang telah anda pilih.


Pada tab "Presets", anda bisa melakukan Remove komponen secara otomatis dengan menjadikan ON pada "Automatic Removing Process", "Optimize ISO Size" dan "Use EXPERT Optimizations".


Sedangkan jika anda ingin memilih komponen yang ingin anda hapus seperti Accesories, Bahasa, Font, Modern UI Apps, maka anda bisa buka tab "Remover".


Jika anda ingin menambahkan Driver, Windows Update atau Program, anda bisa melakukannya dengan membuka tab "System". Program bisa ditambahkan melalui "WinReducer Post Installation" dengan membuat OEM Folder.


Anda juga bisa menjadikan Instalasi Windows Unattended dengan mengaktifkan beberapa hal yang anda inginkan, seperti Accept EULA, Account Name, User Name, Password dan lainnya.


Setelah anda selesai melakukan edit, klik "Finish", kemudian jadikan ON "WIM or ISO Configuration", lalu klik "Apply" dan "Yes".


Selanjutnya tunggu prosesnya sampai selesai.


Selanjutnya anda bisa pilih jadikan file ISO atau WIM, bisa memilih UEFI Boot Compatibilty atau langsung menyimpannya dalam USB. Setelah anda opsi yang ada, klik "Save", lalu klik "Yes".




Setelah selesai disimpan dalam bentuk file ISO, anda bisa melakukan tes terlebih dulu dalam VirtualBox atau bisa juga langsung menggunakannya untuk instal Windows. Jika anda ingin menyimpannya dalam bentuk DVD, anda bisa lihat Cara Burning File ISO Windows Atau Linux atau Cara Burning ISO Windows ke DVD Dengan PowerISO.

Demikianlah cara menggunakan WinReducer untuk melakukan edit pada Installer Windows.

0 Response to "Cara Edit Installer Windows"

Post a Comment