Instal Windows Tanpa System Reserved Partition

Sebenarnya, memiliki partisi System Reserved tidak lah menjadi masalah, karena tidak kelihatan juga kecuali dalam Disk Management atau Partition Tool lainnya. Tapi jika anda memang tidak menginginkan adanya System Reserved Partition dan anda tidak ingin menggunakan Bit Locker, maka daripada menghapusnya setelah anda instal Windows, sebaiknya anda melakukan trik ketika hendak instal Windows agar Windows tidak membuat System Reserved. Perlu anda ketahui Windows akan membuat System Reserved jika anda meng-instal Windows pada Unallocated Space dan membiarkan Windows yang melakukan Format pada saat instal. Jadi, untuk instal Windows tanpa System Reserved Partition, anda harus membuat Primary Partition sebelum instal Windows.

Untuk membuat Primary Partition sebelum instal Windows, anda bisa menggunakan GParted atau dengan menggunakan Windows Installer sendiri, caranya sebagai berikut:

1. Ketika anda instal Windows, lihat:

Cara Instal Windows 7

Cara Instal Windows 8

dan sampai pada tahap memilih Partisi seperti dalam gambar berikut:


Tekan tombol SHIFT + F10 untuk memunculkan Command Prompt.

2. Selanjutnya ketika muncul Command Prompt, ketik perintah diskpart lalu tekan "ENTER".

3. Selanjutnya ketik perintah list disk dan tekan "ENTER" untuk melihat disk yang ada.

4. Jika anda hanya memiliki satu disk atau hard drive, maka selanjutnya ketik perintah select disk 0 dan tekan "ENTER".

5. Selanjutnya ketik perintah create partition primary dan tekan "ENTER".


6. Setelah DiskPart sukses membuat partisi, anda sudah bisa lanjut untuk instal Windows, dan Windows tidak akan membuat System Reserved Partition, dengan kata lain Windows akan membuat instalasi dalam satu partisi saja.

Demikian tutorial singkat untuk meng-instal Windows tanpa System Reserved Partition. Bagi yang ingin menambahkan atau memberi saran, jangan ragu untuk memberi komentar. Wassalam.

0 Response to "Instal Windows Tanpa System Reserved Partition"

Post a Comment