Deep Freeze: Cara Menggunakan Dan Cara Menghapus

Deep Freeze adalah software yang bisa membekukan (Freeze) drive atau partisi, dalam artian drive atau partisi yang telah dibekukan oleh Deep Freeze tidak bisa lagi diganggu gugat oleh file atau program. Jika ada program yang terinstal atau file yang di-download dalam drive atau partisi yang telah di-freeze, termasuk Malware atau Virus, semua akan hilang setelah restart. Jadi bisa dikatakan Deep Freeze memberikan Recovery hanya dengan melakukan restart.

Cara menggunakan Deep Freeze menurut hemat saya, sebaiknya anda hanya memilih partisi C tempat Windows ter-instal untuk di-freeze. Karena hanya di partisi C yang vital untuk anda lindungi dari serangan virus atau malware. Sedangkan untuk partisi lain, misalnya D, anda bisa gunakan untuk menyimpan file atau data. Sebaiknya anda menginstal dulu program- program favorit anda sebelum meng-instal Deep Freeze.


Untuk mengubah settings Deep Freeze, anda bisa membukanya melalui icon di tray. Tekan SHIFT dan double-click icon Deep Freeze.


Perhatikan password yang telah anda buat, jangan sampai lupa.


Demikian juga cara menghapus atau uninstall Deep Freeze, akan lebih mudah jika anda mengetahui password dibanding jika anda telah lupa. Jika anda mengetahui password, maka cara menghapus Deep Freeze adalah dengan memilih "Boot Thawed" pada "Status on Next Boot", selanjutnya klik "Apply and Reboot", lalu klik "Yes".


Setelah restart, buka lagi installer Deep Freeze.


Selanjutnya klik  "Next" dan "Uninstall".


Sedangkan cara menghapus Deep Freeze tanpa password adalah dengan masuk ke BIOS dan mengubah tahun menjadi paling tidak 10 tahun ke depan. Karena sekarang tahun 2014, maka anda bisa ubah menjadi 2025. Lihat Cara Mengakses BIOS Setup.



Selanjutnya restart komputer dan masuk ke Debugging Mode. Anda bisa mengaksesnya dengan menekan tombol F8 dalam Windows 7 dan melalui Advanced Startup dalam Windows 8 / 8.1. Lihat Cara Mengakses Advanced Startup Windows 8.1.


Selanjutnya buka Task Manager. Anda harus tekan CTRL + ALT + DEL untuk membukanya segera setelah masuk login.


Dalam Task Manager, klik tab "Processes" dan cari DFServ serta FrzState2K.exe, hentikan prosesnya dengan memilih "End Process".


Selanjutnya hapus atau delete folder Deep Freeze dalam Program Files > Faronics.


Selanjutnya buka Regedit dan navigasi ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE dan hapus subkey "Faronics". Ingat, hanya subkey "Faronics" yang harus anda hapus, bukan yang lain. Karena kalau salah hapus, bisa- bisa Windows tidak bisa berfungsi.


Demikianlah sekilas tentang Deep Freeze, bagaimana cara menggunakannya dan bagaimana cara menghapusnya.

Jika anda mengalami masalah atau cara di atas tidak berhasil, maka sebaiknya anda melakukan instal ulang Windows. Lihat:

Cara Instal Windows 7

Cara Instal Windows 8

0 Response to "Deep Freeze: Cara Menggunakan Dan Cara Menghapus"

Post a Comment