Cara Membuat Partisi Menggunakan Diskpart


Untuk membuat partisi dalam Windows, user bisa menggunakan Disk Management. Tapi selain Disk Management, user juga bisa menggunakan DiskPart, yaitu tool dalam Windows yang menggunakan perintah, sebagaimana Command Prompt. Cara membuat partisi menggunakan DiskPart adalah sebagai berikut:

1. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah membuka DiskPart. Anda bisa membuka DiskPart melalui Command Prompt Administrator dengan mengetik perintah diskpart lalu menekan ENTER. Tapi dalam Windows 8 atau Windows 8.1 anda bisa mengetik diskpart dalam SEARCH dan menekan ENTER.


2. Ketika anda telah berada dalam DiskPart, ketik perintah list disk dan tekan ENTER.


3. Selanjutnya ketik perintah select disk 0 untuk memilih disk yang ingin di-partisi.


4. Untuk mengetahui daftar partisi dalam Disk, ketik perintah list partition dan tekan ENTER. Selanjutnya gunakan perintah select partition # untuk memilih partisi yang ingin di-partisi lagi. Dimana # adalah nomer partisi.


5. Untuk membuat partisi, gunakan perintah create. Jika anda belum melakukan partisi sebelumnya, maka anda bisa langsung menggunakan perintah create setelah menjalankan select disk.


6. Selanjutnya ketik perintah partition dan tekan ENTER.


7. Selanjutnya gunakan perintah shrink, anda bisa langsung memberikan jumlah yang anda inginkan, misalnya shrink desired=6000 untuk menyusutkan 6GB. Seperti yang saya lakukan 300GB menyusut menjadi 294GB.





8. Partisi yang telah dibuat 6GB tadi belum bisa digunakan karena masih unallocated, harus di-format dulu agar bisa digunakan. Buka Disk Management dan buat "New Simple Volume".


0 Response to "Cara Membuat Partisi Menggunakan Diskpart"

Post a Comment