Burning Video Ke DVD Dengan DVD Flick


DVD Flick sangat mudah digunakan untuk burning video ke DVD. DVD Flick adalah Open Source dan bisa burning berbagai jenis format file video ke DVD. Berikut adalah cara melakukan burning video ke DVD dengan DVD Flick:

1. Setelah download dan instal, buka DVD Flick. Selanjutnya klik "Add Title" untuk memasukkan video yang anda ingin burning ke DVD, lalu klik "Open".


2. Ketika anda memasukkan file video, perhatikan bar warna kuning di sebelah kiri yang mewakili kapasitas disc. Anda bisa menambahkan file video kalau belum penuh. Selanjunya klik "Edit Title" untuk memulai melakukan edit. Pada tab "General" anda bisa mengubah thumbnail dan aspect ratio.


3. Selanjutnya pada tab "Chapters", anda bisa membagi video menjadi beberapa chapter. Chapter bisa dibagi berdasarkan waktu, dengan memilih "Create chapter every...minutes", berdasarkan jumlah dengan memilih "Create....chapters", atau chapter pada masing- masing video jika menggunakan beberapa video, dengan memilih "Create chapters on every video source". Pada tab selanjutnya, anda bisa join video (Video Source), memasukkan audio (Audio Tracks), dan memasukkan subtitle (Subtitle Tracks). Klik "Accept" jika telah selesai dalam "Edit Title".


4. Selanjutnya klik "Menu settings" untuk menambahkan menu dalam DVD nantinya. Anda bisa pilih menu pada bagian sebelah kiri dan beri tanda pada "Auto-play menu", lalu klik "Accept".


5. Selanjutnya klik "Project settings". Pada tab "General", anda bisa beri nama project.


6. Selanjutnya pada tab "Video", pilih PAL dalam "Taget Format" jika anda tinggal di Indonesia, Malaysia, Singapura atau sebagian besar Asia dan Afrika.


7. Selanjutnya langsung ke tab "Burning". Anda bisa pilih membuat file ISO dulu atau langsung burning ke DVD. Jika anda ingin langsung melakukan burning, pilih opsi "Burn project to disc". Setelah semua anda atur, klik "Accept".


8. Langkah selanjutnya, klik "Create DVD". Pastikan anda telah masukkan DVD ke DVD Drive karena setelah proses encoding selesai, langsung dilanjutkan dengan burning. Untuk lanjut, klik "OK".



9. Setelah proses Encoding selesai, proses burning akan dilanjutkan secara otomatis.


Setelah proses burning selesai, anda sudah bisa memainkan DVD yang telah anda buat dalam DVD Player.


Untuk petunjuk lengkap menggunakan DVD Flick, silakan buka DVD Flick Guide. Selamat mencoba.

5 Responses to "Burning Video Ke DVD Dengan DVD Flick"

  1. Gara2 lama tidak pakai dvd flick jadi lupa cara burning videonya.. thanks Gan, berkat artikel ini saya jadi ingat lagi (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mampir ke website saya Gan http://goo.gl/PZuPrM atau singkaruanunduk.blogspot.com

      Delete
    2. Makasih udah mampir. Saya jg udah kunjungi singkaruanunduk, ternyata ada tutorial DVD Flick jg.

      Delete
  2. Coba dulu gan, thansk tutor nya

    ReplyDelete
  3. Gan.. Cara menambah tampilan di menu settings itu gmn ya.terlalu sedikit. Apa bisa kita buat foto kita sendiri gitu..

    ReplyDelete