Cara Membuat Installer USB Windows 7 Untuk UEFI


Jika anda membeli komputer yang preinstalled Windows 8 dan bermaksud untuk menggunakan Windows 7, maka anda bisa melakukannya. Tapi ingat, pada umumnya komputer yang preinstalled Windows 8 telah menggunakan UEFI. Untuk itu, jika anda bermaksud melakukan instalasi Windows 7 menggunakan USB Flash Disk, maka anda harus membuat installer USB Windows 7 yang sesuai untuk UEFI. Cara membuat installer USB Windows 7 untuk UEFI adalah sebagai berikut:

1. Buka Command Prompt sebagai Administrator.

2. Ketik perintah berikut dalam Command Prompt dengan masing- masing menekan "Enter".

diskpart
list disk, perhatikan nomer USB Flash Disk.
select disk *, dimana * adalah nomer USB Flash Disk.
clean
create partition primary
format fs=fat32 quick
active
assign
list volume, perhatikan huruf untuk USB Flash Disk.
exit


3. Selanjutnya copy semua file dari DVD Windows 7 ke USB Flash Disk yang telah anda persiapkan tadi. Jika anda menggunakan Windows 7 dalam bentuk ISO, maka anda bisa mount terlebih dahulu, kemudian copy semua file-nya ke USB Flash Disk.


4. Kemudian copy folder "Boot" yang berada dalam folder "Microsoft" ke dalam folder "Efi".



5. Selanjutnya gunakan 7-Zip dan navigasi ke USB Flash Disk\sources\instal.wim\1\Windows\Boot\EFI\bootmgfw.efi. Pilih "bootmgfw.efi" lalu klik "Copy" ke "Desktop", kemudian Rename "bootmgfw.efi" menjadi "bootx64.efi".




6. Selanjutnya Copy atau Move "bootx64.efi" ke folder efi\boot, yaitu folder yang anda Copy sebelumnya pada langkah ke- 4.


Dengan selesainya langkah ke- 6, maka anda sudah bisa menggunakan installer USB Windows 7 tersebut untuk melakukan instal Windows 7 pada komputer UEFI. Jangan lupa disable "Secure Boot" dalam UEFI terlebih dahulu sebelum melakukan instalasi Windows 7, lihat Mengenal Dan Disable Secure Boot UEFI.

14 Responses to "Cara Membuat Installer USB Windows 7 Untuk UEFI"

  1. Siang, saya mau tanya.
    Apakah cara ini bisa digunakan juga untuk instal android x86 yang sebelumnya telah terinstal win 8 dengan system UEFI??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Petunjuk ini hanya untuk Windows. Sedangkan jika anda ingin instal Android, beda lagi, karena mirip dengan Linux. Tapi Android terbaru juga sepertinya sudah UEFI support dan bisa dual boot dengan Windows 8.

      Delete
  2. Terima kasih atas jawabanya mas

    ReplyDelete
  3. Pak, apakah flash disk yg digunakan harus yg baru, atau kosong? Apakah flash disk tsb tetap bisa digunakan utk menyimpan data? Kalo sdh menginstall dan ingin menghapus semua file installer, apakah setingan di commond pront diatas harus diubah kembali? Gimana caranya?
    Terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Flash Disk yg telah terisi data jg bisa digunakan, tapi harus diformat dulu. Dan setelah digunakan untuk melakukan instal Windows, Flash Disk bisa digunakan lagi untuk menyimpan data. File installer Windows bisa di-delete atau di-format dulu agar kembali kosong.

      Delete
  4. Maksudnya mount pada nomor 3 itu gmn ya pa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mount itu proses membuka file ISO dalam virtual drive, sehingga kandungan file ISO terbuka dalam virtual drive dan bisa di-copy.

      Delete
  5. izin bertanya pak. yang di no 5 USB Flash Disk\sources\instal.wim\1\Windows\Boot\EFI\bootmgfw.efi

    di tempat saya kok di dlam folder boot kok gak ada EFI nya ya pak..

    ReplyDelete
  6. Mf. Setelah saya ikuti cara-cara di atas flasdisk nya detec. Tatapi "default boot device missing or boot failed" gmn solusinya ?
    Mohon petunjuknya. Tnks

    ReplyDelete
  7. gan lebih spesifik lagi,, ini pake windows 64 bit atau 32 bit??
    soalnya file bootmgfw.efi nya gk ada di windows 7 32 bit

    ReplyDelete