Cara Instal Windows Dari Hard Disk


Selama ini kita hanya mengenal instal Windows dari CD/DVD atau USB Flash Disk. Tapi tahukah anda bahwa Windows juga bisa di-instal langsung dari Hard Disk?. Bagaimana cara instal Windows dari hard disk?. Jika anda ingin, berikut ini adalah langkah- langkah yang bisa dilakukan untuk instal Windows dari Hard disk.

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mempersiapkan installer Windows, apakah dalam bentuk CD/DVD atau masih berupa file ISO.

Selanjutnya buat satu partisi dalam hard disk yang bisa memuat file installer Windows, dalam hal ini saya membuat satu partisi dengan ukuran sekitar 6 GB. Untuk tutorial lengkap mengenai partisi, lihat Mengatur Partisi Dengan MiniTool Partition Wizard. Saya juga membuat satu partisi untuk tempat instalasi Windows 8.1 dengan ukuran sekitar 70 GB. Berikut adalah gambar partisi yang telah saya siapkan. Dimana drive C adalah tempat instalasi Windows 7 dan drive I akan saya tempati untuk menyimpan file installer Windows 8.1, sedangkan drive D adalah tempat instalasi Windows 8.1.


Setelah anda siapkan partisi, anda bisa copy semua file dalam CD/DVD Installer Windows ke partisi tersebut. Jika anda menggunakan file ISO, anda bisa Mount lalu copy atau Extract kandungan ISO Windows ke partisi tersebut (lihat Cara Membuka File ISO). Dalam hal ini saya melakukan Extract dengan menggunakan PowerISO.


Setelah di-extract, maka drive I mengandung file- file berikut.



Selanjutnya, gunakan EasyBCD untuk mengatur agar bisa boot dari file installer Windows yang dalam hal ini saya simpan di drive I. Klik "Add New Entry" dan pusatkan perhatian pada "Portable/External Media", pilih tab "WinPE". Beri nama yang anda inginkan, dalam hal ini saya beri nama "Installer Windows 8.1".


Selanjutnya pada bagian "Path", klik icon yang ada di samping kolom "Path" lalu buka drive I > Sources dan pilih "boot" atau "boot.wim" dan klik "Open".


Selanjutnya klik "Add Entry" pada bagian "Portable/External Media".


Selanjutnya anda sudah bisa restart komputer dan melakukan instalasi Windows dari file installer yang tersimpan dalam hard disk. Ketika restart, anda akan melihat opsi boot "Installer Windows 8.1" dalam Windows Boot Manager, sesuai dengan nama yang anda berikan. Jika anda ingin lanjut untuk instal Windows, pilih opsi tersebut dan tekan "Enter".


Selanjutnya lakukan tahap- tahap instalasi Windows yang anda pilih sampai selesai.

Cara Instal Windows 7

Cara Instal Windows 8

Karena saya melakukan instalasi Windows 8.1, maka tampilan boot setelah selesai instalasi adalah sebagai berikut.


Anda bisa lihat opsi boot "Installer Windows 8.1" tetap masih ada setelah instalasi, dan anda tetap masih bisa menggunakannya untuk instal ulang Windows nantinya.

4 Responses to "Cara Instal Windows Dari Hard Disk"

  1. ini yang saya cari-cari mas...

    lengkap dan gak bertele-tele, terima kasih mas

    maju terus Solusi Masalah Komputer [www.clinic-komputer.com]

    ReplyDelete
  2. memang ga apa apa jika sudah selesai partisi instalan boleh dihapus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga apa2 dihapus kalo memang tidaj dibutuhkan lagi. Ga ada pengaruhnya ke Windows.

      Delete
  3. Kalo misal kita installnya ke disk yg udah ada windowsnya gmna mas bisa gak ??

    ReplyDelete