Cara Downgrade Dari Windows 8 Ke Windows 7

Jika anda membeli komputer berupa laptop atau desktop yang preinstalled Windows 8, maka kemungkinannya adalah sistemnya telah menggunakan UEFI. Dan jika anda tidak puas dengan Windows 8 dan bermaksud beralih atau downgrade ke Windows 7, maka perlu anda ketahui bahwa hanya Windows 8 Pro yang bisa downgrade ke Windows 7 Professional tanpa harus membeli lisensi baru. Tapi cara downgrade dari Windows 8 ke Windows 7 tidak hanya memiliki satu opsi tersebut, anda bisa saja instal Windows 7 versi lainnya dengan membeli lisensi atau menggunakan lisensi Windows 7 yang anda telah miliki sebelumnya.

Yang menjadi masalah adalah jika komputer dengan sistem UEFI, kemungkinannya anda tidak bisa booting menggunakan sistem operasi lainnya, kecuali anda disable Secure Boot dan Enable Legacy BIOS. Jika anda bermaksud instal Windows 7 ke dalam komputer yang menggunakan UEFI, anda harus masuk ke UEFI dan melakukan hal tersebut. Seperti dalam gambar berikut yang mana adalah laptop HP, pada bagian "Security", "Legacy Support" harus diganti jadi "Enable" dan "Secure Boot" harus diganti jadi "Disable".


Setelah anda lakukan hal tersebut, maka langkah selanjutnya adalah memilih Boot menggunakan media yang anda gunakan, apakah DVD atau USB Flash Disk. Jika anda ingin menggunakan USB Flash Disk, anda bisa lihat tutorial Cara Membuat Installer USB Windows 7 Untuk UEFI.

Setelah masuk ke set-up Windows 7, ketika sampai pada memilih partisi, kemungkinannya anda tidak bisa instal Windows 7 pada salah satu partisi, karena Windows 8 diinstal dengan menggunakan GPT Partition.


Solusinya adalah dengan memilih "Drive Options" dan "Delete" semua partisi dan membuat "New" partisi. Atau mengakses Command Prompt dengan menekan tombol SHIFT + F10 dan menjalankan perintah:

diskpart
list disk, pilih hard drive.
select disk *, dimana * adalah nomer hard drive.
list partition
clean, untuk menghapus semua partisi.
exit






Selanjutnya anda sudah bisa melanjutkan instalasi Windows 7 sampai selesai dan menikmati downgrade dari Windows 8 ke Windows 7.

66 Responses to "Cara Downgrade Dari Windows 8 Ke Windows 7"

  1. Terima kasih mas, bermanfaat sekali artikelnya :)
    Pas banget saya lagi cari informasi untuk downgrade dari win 8 ke win 7.
    Ternyata kalo laptop baru dengan win 8 ada settingan khusus di biosnya.
    Akhirnya saya instal ulang win 7 mas, gak saya downgrade sesuai tutorial diatas karena sebelumnya drive bawaanya cuma satu dan permintaan teman saya minta dipecahin.
    Terima kasih mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama- sama. Saya juga ikut senang kalau ada yg bisa ambil manfaat dari blog ini.

      Delete
  2. Replies
    1. Bisa, dengan cara instal ulang lagi. Sebaiknya sebelum downgrade, buat dulu System Image Windows 8, supaya ntar gampang kalo mau kembali ke Windows 8, atau catat Product Key Windows 8 yg dibutuhkan saat Clean Install.

      Delete
  3. pak..mau tanya..saya punya pc branded HP yg terinstal windows 8 asli..saya mau downgrade..saya awalnya kesulitan karena ada GPT tersebut..ada solusi lain gak Pak, instal windows 7 tanpa delete semua partisinya,soalnya kan ada image recovery oem nya win8..saya ingin pertahankan itu..bagaimana caranya pak?

    ReplyDelete
  4. Sulit juga sih. Gini aja, buat System Image Windows 8 yg skrg. Nah, System Image itu bisa dijadikan sebagai Image Recovery dan tetap Windows Original OEM. Tiap ada masalah atau mau kembali ke Windows 8 setelah instal Windows 7, gunakan System Image itu, dan Windows tetap ORI. Jangan lupa juga catat product key Windows 8 untuk jaga2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya beli pc ini tidak dikasih stiker key windowsnya itu Pak..trus gimana ya di suatu waktu saya ingin kembalikan ke win8 ini lagi...kalo product key kan ada di properties nya pak..

      Delete
    2. Ada banyak program yang bisa digunakan untuk melihat product key, diantaranya Speccy. Setelah tahu product key-nya, catat dan simpan baik2. Kalau mau kembali, gunakan installer Windows 8 yg sesuai dengan versi product key itu. Malah cara spt itu lebih baik dibanding menggunakan Recovery, krn aplikasi2 bawaan dari hp yg tidak penting, tidak ikut terinstal, jadi kompi anda bisa lebih cepat.

      Delete
    3. terima kasih Pak..sipphhh..lanjutkan pak..

      Delete
  5. gan
    berarti semua data kita yang sebelum di instal ulang bakal hilang gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, karna tipa partisi harus dihapus. Tapi bisa juga coba menggunakan AOMEI partition manager untuk meng-convert GPT jadi MBR dulu, katanya bisa melakukan convert tanpa kehilangan data.

      Delete
  6. siang pak. saya punya sedikit masalah yang sama dengan artikel. tapi untuk kasus saya ini saya tidak bisa mengakses legacy support dan secure boot di bios. adalah solusi lain untuk permasalahan saya ini. terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bisa aja langsung coba instal Windows 7. krn mungkin kompi kamu masih menggunakan BIOS, bukan UEFI.

      Delete
  7. Kenp say instal windows 8 sllu mncul ini windows cannot install required files. the file may be corrupt or missing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ganti installer Windows, atau burning kembali file ISO-nya. Laptop atau komputernya menggunakan BIOS atau UEFI?, Kalo UEFI, sebaiknya hapus semua partisi hingga menjadi satu partisi tunggal, karena UEFI menggunakan GPT.

      Delete
  8. http://angkabocorantogel4d5d.blogspot.com/

    ReplyDelete
  9. kalo udah kepalang downgrade ke win 7 tapi belum di buat system image win 8 nya gimana kalo mau balik ke setingan awal gabisa atau gimana? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo masih ada Recovery Partition-nya, bisa pake itu. Tapi kalo Recovery Partition juga udah kehapus, jalan lainnya harus instal ulang lagi Windows 8. Dan setingan awal harus dibuat kembali.

      Delete
  10. mas...gimana kalo aslinya lapie ane windows 7 trus saya upgrade jadi windows 8 tapi karna windows 8 slalu bermasalah buat game sekarang mau saya balikin jadi windows 7 lagi?
    mohon pencerahannya , thannx!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo kasusnya seperti itu, ente cari aja installer Windows 7 yang sesuai dengan Product Key Windows 7 ente, lakukan Clean Instal atau instal ulang dengan menggunakan Product Key yang biasanya terdapat di bagian bawah laptop. Atau kalo masih ada Partisi Recovery atau DVD Recovery-nya, lebih mudah lagi, gunakan itu aja.

      Delete
    2. waduuuuuh saya gak punya dvd recoverynya mas! bagaimana kalo saya langsung instal pakai windows 7 ultimate sedangkan bawaan aslinya windows 7 home basic bisa gak?
      makasih atas pencerahannya.

      Delete
    3. Bisa aja seperti itu, yang penting masalah aktivasi sama besar RAM yang ada. Kalo RAM -nya 2 GB, kayaknya ga masalah pake Windows 7 Ultimate.

      Delete
    4. gan gmna kalo sistem c uda saya delet... trus harus msuk Shift+F10 s/d clean...
      smentara smua data yang ada di "Data D & Multimedia E" ggk smpat saya backup dlu...
      prtnyaan saya gmna cara biar Data D & Multimedia E ggk hilng...!!

      Delete
    5. Kalo masalahnya seperti itu, hanya C yg udah dihapus, sementara D dan E belum dihapus. Bisa aja menggunakan Linux Live CD, apakah Linux Mint atau UBuntu untuk booting dan menyelamatkan file atau data yg ada di D dan E. Tapi kalo semua udah dihapus atau di delete, data ga bisa lagi diselamatkan, biarpun mengguakan Sofware Data Recovery, paling sedikit yg bisa di-recover.

      Delete
  11. bang sistem uefi saya kok gak ada ya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba aja lihat dalam System Information. Lihat pada bagian Secute Boot State, kalo ON atau OFF berarti UEFI ada, tapi kalo UNSUPPORTED, berarti masih menggunakan BIOS.

      Delete
  12. Trimakasih berkat nih postingan semua jadi lancar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukurlah kalo bisa mengambil manfaat dari postingan ini. Makasih juga telah berkunjung.

      Delete
  13. Pak saya punya laptop acer E1 -421 dg prosesor amd .. mke win 8 ori . Apakah bisa ke windows 7 yahh .... mohon pencrahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa aja. Tapi apa ga sayang dengan Windows 8 Ori-nya?. Kecuali kalo memang udah punya Windows 7 sebelumnya, ga apa2, tapi kalo harus beli lisensi baru, kan sayang, lebih baik gunakan aja Windows 8. Atau pertimbangkan untuk update ke Windows 8.1 dengan gratis, atau upgrade ntar ke Windows 10.

      Delete
  14. Pak zainal saya juga punya pertanyaan, laptop saya lenovo z400, pertama pake saya instal win7 ultimate, trus penasaran pake win8 saya instal win8, karena ga suka saya downgrade lagi ke win7, pertama instal win7 ga bisa d drive c, jd saya rebuild mbr dengan cara lepas hardisk, habis instal win7 selang waktu seminggu partisi C berubah sendiri ke GPT, sudah 3X saya bongkar pasang instal ulang hasilnya tetep balik ke GPT :(
    Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Koq bisa ya secara otomatis menjadi GPT. Apa setelah menjadi GPT, Windows 7 ga bisa boot lagi?. Coba aja Convert menggunakan Disk Management atau Command Prompt. Atau ketika instal Windows 7, gunakan cara seperti pada tutorial di atas, dan setelah memberi perintah "clean", lanjutkan dengan perintah "convert mbr", setelah itu baru exit. Semoga bisa membantu.

      Delete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. berarti nanti data saya di local disk D dan E hilang smua pak?
    terus nanti kalau udah jadi windows 7 hardisknya msh tetep local disk C,D dan E atau berubah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kecuali kalo partition table-nya diganti menjadi MBR. Kalo GPT semua partisi harus dihapus. Makanya semua data harus di-backup dulu. Ntar kalo udah instal Windows 7, bisa buat partisi lagi untuk menyimpan data.

      Delete
  17. Om kalau dari windows 10 downgrade ke 8.1 apa bisa pake cara yang di atas ? mohon pencerahannya om..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mau downgrade dari Windows 10 ke Windows 8.1, bisa dengan seperti cara di atas, bisa juga menggunakan opsi Recovery, kalo memang Recovery Partition Windows 8.1 masih berfungsi.

      Delete
  18. Om laptop ane acer tdinya win 7 ori ,trus ane upgrade ke win 8 karna bnyak masalah di browserny ane pngen downgrade ke win 7 ori bawaanya .bisa apa gak ya ? Trus bgaimna caranya ?? Trmakasih mohon pncerhannya om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa lisensi Win 7 itu OEM atau Retail?. Terus, apa ada catatan Produck Key Win 7?. Untuk kembali ke Win 7, bisa dengan instal ulang menggunakan installer Win 7 dengan memasukkan Product Key Win 7. Bisa jg menggunakan Recovery yg bisa berupa partisi atau DVD untuk kembali ke Win 7.

      Delete
  19. kalau drive D nya tidak usah dihapus, bias ga ya mas? soalnya mau nyelametin data yang ada di D mas, mohon penjelasannya mas terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa aja. Gunakan AOMEI Partition Assistant Standard Edition untuk melakukan convert GPT menjadi MBR terlebih dahulu. Selanjutkan klik kanan disk dan pilih opsi "Convert to MBR". Setelah itu, lanjutkan instal Windows 7 dengan memilih partisi yang diinginkan, misalnya C.

      Delete
  20. Bang mau tanya bila saya downgread PC win 8 ke 7 apa kah ganti ganti juga nanti drivernya buat windows 7 thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebagian driver windows 8 juga bisa digunakan di windows 7. Jgn ragu kalo masalah driver.

      Delete
  21. Kak aku pnya latop toshiba windows 7 origanal . pas prtama2 lola bngt kinerja nya, nah aku malah ganti jdi win 8 pro eh malah sama aja, krna aku jg gatau win 8 pro nya ori/ngga.trs skrg aku mau downgrade lg ke win 7 ku itu. Nnti klo downgrade ke win7 itu masih original bawaan dulunya itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung bagaimana waktu instal Windows 7 itu lagi. Kalau kamu instalnya pake Recovery, maka tetap ori, atau kalau kamu instalnya pake DVD atau Flash Disk tapi memasukkan Product Key Windows 7 yang dulu, maka tetap ori juga.

      Delete
  22. bagaimna cara membuat system image windows ?mohon bantuannya

    ReplyDelete
  23. bagaimna cara membuat system image windows ?mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masuk ke Control Panel > System and Security > Backup and Restore > Create a System Image.

      Delete
  24. kalau cara nginstal windows 7 ke win 8 itu gmana y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cari aja USB atau DVD instalasi Windows 8, terus lakukan instal Windows seperti biasa. Tapi sekarang udah muncul Windows 10, lebih baik langsung ke Windows 10 aja.

      Delete
  25. Windows 7 basic premium saya upgrade ke windows10...laptop jadi sering hang...apakah bapak bisa bantu saya kembalikan ke w7? Apakah posisi bapak di jabodetabek?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba periksa siapa tau ada Partisi Recovery. Kalo ada, gunakan aja itu untuk kembali ke Windows 7. Kalo ga ada, harus pake installer Windows 7 basic dan product key.

      Delete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  28. Mantap sharenya pa.. Btw sy ingin tanya,, msh bisa ga partisi sy d convert dr gpt jd mbr pake aomei buat nyelamatin data penting D E.. Tp sblmnya sy udh terlanjur format C yg isinya windows 8.. Mohon bantuannya pa????

    ReplyDelete
  29. Laptop saya acer windows 7 ultimate, sudah saya ugrade windows 10,,,gimana cara downgrade ke windows 7 lahi...?? Tapi di setting revovery gk ada tulisan "go back windows 7" tapi saya masih ada "windows.old"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lakukan aja Recovery. Kalo memang ada Recovery-nya berarti itu masih Windows 7. Jadi kalo di-recovery otomatis kembali ke Windows 7.

      Delete
  30. misi pak, laptop saya acer udh trinstal win 8 dan mau saya downgrade ke win 7. tpi msalahnya di pengaturan bios nya gak ada itu opsi legacy atau UEFI. dan saya coba booting ke flashdisk yg sdh ada win 7 installer tapi ttp gak mau booting, hanya langsung masuk lagi ke win 8 yg memang sdh terinstal.
    mohon pencerahannya pak
    terima kasih.

    ReplyDelete
  31. Pak saya punya asus yg awalnya terinstal windows 8.1.kmaren di instal windows 7 tp smua usb gk fugsi semua.tolong solusinya pak.maksih

    ReplyDelete
  32. Maaf pak saya kan pakai windows10 jadi saya downgrade ke windows 7

    ReplyDelete
  33. Maaf pak saya kan pakai windows10 jadi saya downgrade ke windows 7

    ReplyDelete
  34. Kang saya udah nyari uefi nya buat diubah ke legacy tapi gaada, secure boot udh diubah jadi disable, tapi pas di install yg "Getting Files Ready For Installation" nya kadang gk jalan, kadang2 juga cuma 1% trus gajalan lagi, gimana ni solusinya?

    ReplyDelete
  35. Josshh gandossshh.. Brilliant..
    Thankss...

    ReplyDelete
  36. Broo kok gua jdi eror pening kpalak gua dahh

    ReplyDelete
  37. misi mas saya punya laptop asus x200m saya beli bekas dengan keadaan windows 8.1 ori,,, saya mencoba untuk meuninstall laptop saya,, tpi malah kembali ke windows 8.1 tpi dengan system Win 8.1 Enterprise evaluation ...


    Pertanyaan saya apakah bisa saya kembalikan ke Awal ? saya merasa tidak nyaman dan laptop saya mudah terkena virus.. mohon bantuannya

    ReplyDelete