Cara Melakukan Format Pada Write Protected Disk

Write Protected disk adalah sejenis security system untuk melindungi integritas data dalam disk, biasanya terdapat pada USB Flash Disk atau Memory Card. Dengan adanya Write Protected ini, maka USB Flash Disk atau Memory Card hanya bisa dibaca atau Read Only, dengan demikian tidak bisa juga di-format. Cara melakukan format pada Write Protected disk, adalah dengan menghilangkan dulu Write Protected tersebut. Jika terdapat switch, maka anda bisa menggeser switch tersebut ke posisi yang membuat Write Protected tersebut tidak berfungsi, tapi kalau tidak terdapat switch, maka anda bisa menggunakan diskpart dalam Windows untuk menghilangkan Write Protected tersebut dan memformatnya.

Untuk menjalankan diskpart, buka Command Prompt sebagai Administrator (Lihat Membuka Command Prompt Sebagai Administrator) dan jalankan perintah berikut dengan masing- masing diikuti "Enter":

diskpart

list disk

select disk # (ganti # dengan nomer disk anda)

attributes disk clear readonly

clean

create partition primary

format fs=ntfs


Tunggu proses formatnya selesai lalu keluar dari diskpart dengan perintah exit.

Demikianlah cara untuk melakukan Format pada Write Protected Disk agar anda bisa menggunakannya untuk menyimpan file atau untuk keperluan lainnya.


Bagi yang ingin menambahkan jika ada cara lain, bisa memasukkannya dalam kolom komentar, biar saya dan pembaca lainnya bisa menambah wawasan.

Wassalam.

11 Responses to "Cara Melakukan Format Pada Write Protected Disk"

  1. Replies
    1. Terimakasih juga atas kunjungannya. Cara lain yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah Write Protected adalah melalui Registry dengan menelusuri HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\StorageDevicePolicies dan mengganti value WriteProtect menjadi 0. Kalo tidak terdapat StorageDevicePolicies, anda bisa membuatnya, demikian juga WriteProtect.

      Delete
    2. cara membuat StorageDevicePolicies dan WriteProtectnya gimana bro?
      thxx

      Delete
  2. gan cara mengetahui nomor disk gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Caranya adalah dengan memberi perintah "list disk" jika telah berada dalam DISKPART. Seperti dalam gambar, ada Disk 0, Disk 1 dan Disk 2. Untuk mengetahui nomer USB Flash Disk, perhatikan aja size-nya, jika USB 4 GB, maka akan tertulis 3819 MB atau berkisar itu.

      Delete
  3. gan kok saya pas attributes disk clear readonly failed?

    ReplyDelete
  4. mas bro, knp ya commandnya tdk mendeteksi dvdnya adanya cm yg bawaan itu aja. padahal klo liat di explorer ada muncul data dan ukuran dvdnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Permasalahanya sama kaya saya mas.
      Tolong beri penjelasan dong mastah bagaimana jika di CMD Diskpart tidak mendeteksi adanya disk ? Tapi di explorer ada data dan size nya

      Delete
    2. samaa nih, minta penjelasannya dong

      Delete