Mengenal Dan Disable Secure Boot UEFI


Secure Boot adalah opsi yang terdapat dalam UEFI (Unified Extensible Firmware Interface). Dengan Secure Boot yang enable, maka akan mencegah sistem operasi atau driver yang tidak memiliki key khusus untuk loading atau start. Secure Boot yang merupakan komponen dari Windows 8 dimaksudkan untuk mencegah malware atau sistem operasi yang tidak memiliki kewenangan untuk loading pada saat proses startup.

Komputer atau PC yang memiliki logo Windows 8 atau dengan kata lain memiliki pre-installed Windows 8 akan memiliki Secure Boot yang enable secara default. Untuk itu, jika anda ingin melakukan instalasi dual boot dengan sistem operasi yang belum memiliki kewenangan atau key khusus, maka anda harus disable dulu fitur Secure Boot tersebut.

Untuk disable fitur Secure Boot, anda bisa melakukannya dari dalam Windows 8 dengan memunculkan Charm bar > Settings > Change PC settings > General, kemudian klik "Restart" pada bagian "Advanced Startup", atau bisa juga dengan menggunakan DVD Installer atau Recovery Drive Windows 8 untuk mengakses "Advanced Startup" dengan memilih opsi "Repair your computer". 

Ketika telah berada dalam "Advanced Startup", klik "Troubleshoot" > "Advanced" > "UEFI firmware settings".


Selanjutnya klik "Restart" untuk masuk ke halaman pengaturan UEFI. Selanjutnya cari Secure Boot dan jadikan "Disable". Dengan Secure Boot yang telah disable, sebaiknya anda enable "Legacy Boot".


Dengan menjadikan disable Secure Boot, maka anda sudah bisa melakukan instalasi sistem operasi yang belum memiliki kewenangan untuk loading dalam Secure Boot.

Semoga bermanfaat.

12 Responses to "Mengenal Dan Disable Secure Boot UEFI "

  1. Saya punya asus x201e. dan sudah terinstal win7 ultimate,,,, padahal lepi saya suport nya win 8,,,
    Bisakah UEFI nya disable dari win 7 ??

    Thanks. Ditunggu pencerahan nya,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa aja, lihat aja manual lepi-nya. Harus menekan tombol apa untuk mengakses BIOS atau UEFI. Setelah membuka BIOS atau UEFI, cari dalam Security atau Authentication untuk disable Secure Boot.

      Delete
  2. Mohon pencerahannya master....Lepi sy Asus x201e....Kondisi normal semua...Modem sy tidak bisa terdetek/error udah saya instal bolak balik tetep aja gak bisa connect modemnya(Remot computer blablabla gitu deh)...Udah setting network tetep aja...Lalu saya masuk ke bios kemudian saya Restore Default....Tapi setelah saya save change & exit kok layar gak muncul tapi lampu indikator nyala normal semua termasuk kipas normal...Nunggu lama kok tetep gelap....Lalu saya rebot kemudian saya nyalakan lagi tapi tetep aja gelap...Saya berinisiatif instal windows ulang tapi gak bisa connect...Kira kira apa permasalahannya kok sepertinya kayak terkunci tidak bisa loading atau booting apa istilahnya...Thengkiyu pencerahannya

    ReplyDelete
  3. mohon pencerahanya laptop sya acer e1 471 os windows 10 versi bios insydeh20 rev 37 cara disable secure bootnya baginaya soal pada menu bios gak ada pilihah secure boot mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  4. Laptop saya asus a450cc udah terinstall win 7 tapi support win 8,, saya mau dual boot dgn linux tapi tetep boot langsung ke win 7 nggak mau boot ke fdnya, saya liat di secure boot nya tapi nggak ada pilihan secure boot di biosnya,, mihon pencerahannya

    ReplyDelete
  5. Laptop saya asus a450cc udah terinstall win 7 tapi support win 8,, saya mau dual boot dgn linux tapi tetep boot langsung ke win 7 nggak mau boot ke fdnya, saya liat di secure boot nya tapi nggak ada pilihan secure boot di biosnya,, mihon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kayak punya saya um, sampai saat ini saya juga belum mendapatkan jawaban atas pertanyaan saya yang sama seperti permasalahan agan, baik di forum maupun di situs2 IT

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Kalau saya sendiri baru menyadari bila ada UEFI di BIOS setelah mengupdate versi BIOS nya. Awal2 nya ketika reboot komputer selalu lancar aja, tapi setelah nya muncul peringatan tidak ada perangkat yg bootable.

      Lama mencari di internet rupa nya pengaturan UEFI yang aktif, berarti harddisk ku sebelum nya masih berbentuk MBR. Secure boot, ku ga tau pasti sejak kapan sudah ada di BIOS ku, tapi itu secure boot "bisa" di switch kalau di BIOS sudah di kasih supervisor password.

      Delete