Memahami Partisi System Reserved

Pernahkah anda perhatikan partisi tempat instalasi Windows 7 pada Disk Management atau ketika anda hendak melakukan Clean Install Windows 7?. Mungkin anda melihat ada satu partisi yang besarnya hanya 100 MB dan memiliki nama "System Reserved".


Partisi "System Reserved" ini mengandung Boot Manager dan Boot Configuration Database, serta startup files yang dibutuhkan oleh BitLocker Drive Encryption. Jika anda melihat kandungannya, maka anda akan melihat folder Boot dan System Volume Information, serta file bootmgr dan bootsect.bak.

Jika partisi "System Reserved" ini telah eksis dalam sistem Windows 7 anda, maka anda tidak bisa menghapusnya begitu saja karena partisi ini mengandung file yang diperlukan untuk loading Windows, demikian juga jika anda ingin melakukan clone atau backup sistem anda, maka partisi "System Reserved" juga harus termasuk.

Tapi jika anda tidak mau memiliki partisi tambahan "System Reserved" ini, anda bisa melakukannya dengan sebelumnya membuat partisi dengan menggunakan aplikasi lain untuk instalasi Windows 7 dan pada saat instal, anda hanya butuh untuk mem-format partisi tersebut. Atau bisa juga pada saat melakukan instal Windows 7 pada halaman Windows 7 Setup, pada tahap memilih partisi, tekan tombol SHIFT + F10 untuk memunculkan Command Prompt dan memberikan perintah diskpart, select disk 0, create primary partition, kemudian exit (masing- masing dengan "Enter"). Untuk lebih jelasnya, lihat Instal Windows Tanpa System Reserved Partition.

Disamping cara diatas, anda juga bisa menghilangkan partisi "System Reserved" dengan cara meng-copy lebih dahulu partisi "System Reserved" ke partisi Windows 7 dengan menggunakan BootIt CD dan VistaPE kemudian menghapusnya dan selanjutnya menjadikan partisi Windows 7 sebagai partisi "Active". Jika setelah melakukan cara ini Windows 7 belum bisa booting, anda bisa melanjutkan dengan menjalankan "Startup Repair".

Semoga penjelasan singkat ini bisa memberikan pemahaman tentang partisi "System Reserved".

5 Responses to "Memahami Partisi System Reserved"

  1. mau nnya nih gimana caranya membuat lgi system reserved tersebut. makasih. mohon pencerahannya .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Partisi system reserved bisa dibuat lagi melalui disk management. Simple volume size 200MB, pilih opsi Do not assign drive letter or path, NTFS, pada Volume Label beri nama System Reserved. Selanjutnya lakukan startup repair 3 kali dengan restart setelah selesai tiap prosesnya.

      Delete
  2. Saya mau tanya gimana caranya membuat data E yang berubah jadi system reserved kembali ke primary lagi agar bisa dibuka. Mslhnya file yg ada di data E penting2, saya salah intal ulang, nga tau kalau systemnya pindah ke Drive E

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gunakan DISKPART dan pilih partisi E, lalu berikan perintah CREATE PARTITION PRIMARY.

      Delete
  3. System Reserved saya sudah ter-fragment 35%. Tetapi, saat di defrag tidak bisa dan selalu langsung kembali menjadi 35%. Tau solusinya gak?

    ReplyDelete