Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Saturday, May 18, 2013

Cara Reset Windows 8


Selain RefreshWindows 8 juga memiliki fitur baru yang lain, yaitu Reset. Fitur Reset ini adalah proses reinstal Windows 8 dengan menghapus semua aplikasi, settings dan file, kecuali aplikasi bawaan. Hal ini sebaiknya anda lakukan jika memang sistem Windows 8 sudah sangat parah. Cara Reset Windows 8, bisa anda lakukan dari dalam Windows 8 jika sistem anda masih bisa booting masuk ke desktop. Tapi jika sistem anda tidak bisa booting, anda bisa melakukannya pada Advanced Startup Options. Langkah- langkah selengkapnya adalah sebagai berikut:

1. Jika anda masih bisa booting masuk ke Desktop, maka anda bisa melakukan Reset melalui Charms Bar > Settings > Change PC Settings > General, lalu klik "Get started" pada bagian "Removed everything and reinstall Windows. Hal ini anda bisa lakukan tanpa DVD Installer Windows 8 (Lihat Refresh/Reset Windows 8 Tanpa DVD Installer)
2. Jika anda sudah tidak bisa booting masuk ke Desktop, maka anda bisa menggunakan DVD Installer Windows 8 untuk mengakses "Repair your computer" (Lihat Cara Repair Windows 8 untuk mengetahui cara selengkapnya).
3. Untuk memulai prosesnya, klik "Reset your PC".


4. Selanjutnya akan ada pesan tentang proses yang terjadi, yaitu "All of your personal files and apps will be removed " dan "Your PC settings will be change back to their default". Jika anda mau lanjut, klik "Next".


5. Setelah restart, anda akan ditawarkan dua opsi, yaitu "Just removed my files" dan "Fully clean the drive". Jika anda memang ingin kembali ke kondisi semula, sebaiknya pilih dan klik "Fully clean the drive".


6. Selanjutnya pesan "All ready to go". Jika anda memang sudah yakin untuk melakukannya, klik "Reset".


7. Selanjutnya komputer akan restart lagi dan akan memulai proses "Reset".


8. Proses "Reset" ini membutuhkan waktu yang agak lama kurang lebih 1 jam, dan jika prosesnya telah selesai, anda akan diminta lagi untuk melakukan beberapa pengaturan seperti waktu instal Windows 8, mulai dari menyetujui"License term", memasukkan alamat email dan memberi nama PC anda.
Dengan selesainya semua proses tersebut di atas, maka komputer anda akan kembali seperti pada awalnya.


2 comments:

  1. pada step ke-4, itu kan kalau mau lanjut klik "next", tapi setelah saya klik kok muncul pesan " some files are missing. Your windows installation or recovery media will provide these files" kenapa ya ? Mohon penjelasannya, thank's

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa DVD Installer Windows Udah dimasukkan?, atau kalau ga, apa udah melakukan pengaturan reset tanpa menggunakan DVD Installer?

      Delete