Cara Membuat Bootable USB Drive

Sekarang ini banyak sekali tool yang bisa digunakan untuk troubleshooting masalah- masalah komputer melalui booting, misalnya rescue disk. Untuk itu tool tersebut harus dijadikan media yang bootable. Dan media yang lebih praktis digunakan adalah USB Drive, karena CD atau DVD selain tidak praktis, CD atau DVD ROM juga cepat sekali mengalami kerusakan sehingga tidak berfungsi. Ada beberapa aplikasi yang bisa anda gunakan sebagai cara membuat bootable USB Drive, diantaranya:

1. Rufus.
Aplikasi Rufus sangat mudah digunakan, disamping cepat dan tidak butuh instalasi. Ketika anda membuka Rufus, maka secara otomatis akan melakukan scan pada USB port untuk mendeteksi media yang hendak anda gunakan, dan juga melakukan scan pada file ISO yang hendak anda copy ke USB untuk memastikan file ISO tersebut dalam kondisi baik. Fufus bisa digunakan untuk membuat bootable Windows dan Linux Distro.
Anda hanya butuh menentukan lokasi file yang hendak anda copy ke USB Drive dengan meng-klik icon Disc pada "Create a bootable disk using: ISO Image". Selanjutnya klik "Start" dan tunggu prosesnya sampai muncul pesan "DONE".

Download Rufus

2. XBOOT.
XBOOT adalah aplikasi yang mudah digunakan untuk membuat Multiboot USB atau ISO, anda hanya perlu drag and drop file ISO ke XBOOT, lalu klik "Create USB".

Download XBOOT

3. WiNToBootic.
Aplikasi ini sangat baik untuk copy Windows 7 dan Windows 8 ke USB. Juga bisa digunakan untuk copy file dari ISO Image, DVD atau folder.

Download WiNToBootic

4. A Bootable USB.
Aplikasi ini bisa digunakan untuk membuat bootable USB dari file ISO atau DVD.

Website A Bootable USB

1 Response to "Cara Membuat Bootable USB Drive"

  1. http://www.leawo.org/tutorial/copy-dvd-to-usb-drive.html

    ReplyDelete