Cara Melakukan System Image Recovery Windows 8


Jika komputer anda dengan sistem operasi Windows 8 mengalami masalah yang serius, apakah Windows 8 sendiri yang mengalami masalah misalnya tidak bisa start, sering freeze atau hang, atau menjadi sangat lambat, ataukah hard disk komputer anda yang bermasalah sehingga anda ingin menggantinya dengan hard disk baru, maka anda bisa menggunakan System Image Recovery jika anda telah membuat System Image Windows 8 sebelumnya. Cara melakukan System Image Recovery Windows 8 adalah melalui Advanced Startup Options (Lihat Cara Repair Windows 8), yang langkah- langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Ketika anda sudah berada dalam "Advanced Options", klik "System Image Recovery".
2. Setelah komputer restart, pilih akun anda.


3. Ketik password untuk akun yang anda pilih lalu klik "Continue".


4. Selanjutnya Windows akan melakukan scan terhadap drive yang terhubung dengan komputer anda untuk mencari System Image Windows 8 yang terbaru dan jika telah sesuai dengan keinginan anda, klik "Next".


5. Pada window "Choose addtional restore options", klik "Next".


6. Selanjutnya klik "Finish".


7. Kemudian akan muncul pesan "All data on the drives to be restored will be replaced with the data in the system image", klik "Yes" jika anda memang ingin mengembalikan sistem anda dengan menggunakan System Image tersebut.


8. Selanjutnya Windows akan memulai proses recovery atau restore dengan menggunakan System Image yang anda pilih. Proses ini membutuhkan waktu yang agak lama.


9. Setelah proses recovery atau restore telah selesai, komputer akan melakukan restart lagi, dan setelah restart, sistem anda akan kembali pada kondisi saat anda membuat System Image tersebut.

Selamat mencoba.




8 Responses to "Cara Melakukan System Image Recovery Windows 8"

  1. Replies
    1. Thanks a lot atas kesudiannya mampir dan menjadi follower.

      Delete
  2. malam gan...
    mau tanya nich,.laptop saya mengalami preparing automatic repair hingga berhari-hari penyebabnya apa.?!
    solusi gimana,.sebab recoverynya juga ga ada..
    tolong bantuannya,.terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu masalah yang sering muncul. Sebaiknya gunakan aja opsi Command Prompt, berikan perintah bootrec.exe /fixMBR, bootrec.exe /fixboot, bootrec.exe /rebuildBCD, kemudian chkdsk /r c: dan chkdsk /r d: jalankan perintahnya satu persatu dengan menekan ENTER.

      Delete
    2. Mohon pencerahannya. Saya sdh ikuti petunjuknya, pakai opsi command prompt , tapi nga sukses. Setelah memberi perintah bootrec.exe/fixmbr dan bootrec.exe/boot, muncul tulisan "The request could not be performed because of an I/O device error. Harus bagaimana gan,,, terima kasih...

      Delete
    3. Coba ulangi,pastikan perintahnya benar. Kalau masih tetap sama, jalankan chkdsk dalam Command Prompt. berikan perintah "chkdsk /f c:" dan chkdsk /r c:". Periksa juga kabel koneksi ke hard disk.

      Delete
  3. Siang gan
    Laptop saya setiap di turn on hidup seperti biasa sampai gmbr windows muncul dan ada tulisan "preparing automatic repair" dan setelah itu jd blank screen . Itu solusi nya gmn gan? Dan apa yang rusak ??
    Makasih dtunggu jwabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kayaknya bootmgr yg masalah. Bisa diperbaiki dengan opsi command prompt dengan perintah bootrec.exe /fixmbr.

      Delete