Mengamankan Wifi Dengan Mac Filter


Dewasa ini jaringan Wifi telah banyak digunakan, baik di rumah, di kantor maupun di tempat- tempat umum. Dengan menggunakan jaringan Wifi ini, para penggunanya melakukan koneksi ke internet dan mengakses berbagai situs, baik itu jaringan sosial seperti Facebook maupun situs- situs lainnya termasuk online banking. Tapi tahukah anda bahwa jika seseorang punya akses ke jaringan Wifi, dia bisa saja melakukan berbagai macam attack untuk melacak atau merekam user name dan password yang diketikkan oleh seseorang yang lain dalam jaringan Wifi yang sama, misalnya dengan menggunakan Ettercap atau Social Engineering Toolkit. Tentu anda tidak mau hal ini terjadi pada diri atau keluarga anda.
Untuk itu anda harus mencegah orang- orang yang tidak bertanggungjawab untuk mengakses jaringan Wifi anda. Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan keamanan jaringan Wifi anda. Tapi ada satu point yang telah disebutkan dalam tutorial tersebut yang perlu untuk dijelaskan lebih detail, yaitu mengamankan Wifi dengan Mac Filter.
Perlu dijelaskan bahwa MAC Address adalah identitas unik dalam jaringan sebagai sarana komunikasi. Mac Address ini pada umumnya diberikan oleh produsen Network Interface Card dan tersimpan dalam hardware tersebut. Untuk itu, jika anda ingin mengamankan Wifi anda dengan mengaktifkan Mac Filter, anda harus mengetahui Mac Address dari tiap- tiap device yang menggunakan jaringan Wifi anda. Caranya adalah dengan membuka Command Prompt dan memberikan perintah ipconfig /all. Setelah anda tekan "Enter", maka Mac Address dari device akan muncul, yaitu pada bagian "Physical Address". Contoh dari Mac Address adalah 00:C0:CA:50:1C:2F.
Setelah anda ketahui Mac Address dari tiap- tiap device yang menggunakan jaringan Wifi anda, maka anda tinggal membuka pengaturan Wireless Router, yaitu dengan mengetik IP Address Router yang anda gunakan pada web browser seperti Internet Explorer atau chrome. Ketika anda telah berada dalam pengaturan Wireless Router, cari Mac Filter pada bagian Wireless dan jadikan "Enable" atau "ON", seperti dalam Router D-Link terlihat seperti ini:


Untuk D-Link anda bisa pilih opsi "Turn Mac Filter ON and ALLOW computers listed to access the network", jika anda menggunakan opsi ini, maka Mac Address dari device yang anda masukkan saja yang bisa mengakses jaringan Wifi anda. Sedangkan jika anda pilih opsi "Turn Mac Filter ON and DENY computers to access the network", maka Mac Address dari device yang anda masukkan tidak bisa mengakses jaringan Wifi, pilih opsi yang sesuai dengan kondisi anda. Setelah anda masukkan semua Mac Address pada kolom yang disediakan, selanjutnya klik "Save settings" untuk menyimpan pengaturan yang telah anda lakukan. Untuk Wireless Router lain, pengaturannya tidak jauh berbeda.
Semoga dengan mengaktifkan fitur Mac Filter ini, anda bisa terhindar dari hal- hal yang tidak diinginkan. Wassalam.

1 Response to "Mengamankan Wifi Dengan Mac Filter"

  1. Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda yang berjudul " Mengamankan Wifi Dengan Mac Filter " .
    Saya juga mempunyai artikel yang sejenis dan mungkin anda minati. Anda dapat mengunjungi di Pusat Studi Elektronika by Universitas Gunadarma

    ReplyDelete