Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tuesday, December 4, 2012

Cara Melakukan Clone Hard Disk

Jika anda ingin mengganti hard drive anda dengan yang besar kapasitasnya dengan tetap mempertahankan sistem Windows anda serta semua aplikasi dan file, maka anda bisa melakukannya dengan cloning. Cara melakukan clone hard disk adalah dengan menggunakan bantuan software yang telah dirancang khusus untuk melakukan clone:

1. EASEUS Disk Copy Home Edition 2.3.1 adalah disk/partition clone software yang gratis, bisa anda download di http://www.easeus.com. Software ini melakukan clone sector demi sector disk atau partisi dan tidak berjalan di dalam sistem operasi, tapi dijalankan dengan cara booting setelah file ISO EASEUS Disk Copy diburning ke dalam CD atau DVD.
- Setelah anda booting dari CD atau DVD EASEUS Disk Copy, pilih "Start Disk Copy 2.3.".
- Selanjutnya anda bisa pilih Disk Copy jika anda mau clone seluruh hard disk, dan pilih Partition Copy jika anda hanya mau clone partisi. Setelah anda tentukan, klik "Next".
- Selanjutnya pilih sumber atau source disk dan klik "Next".
- Kemudian pilih tujuan atau destination disk dan klik "Next".
- Setelah anda tentukan sumber dan tujuan, klik "Proceed" untuk mulai proses clone.
- Klik "Yes" ketika muncul warning "All the data in your destination location will be overwritten".
- Setelah prosesnya selesai, klik done atau quit untuk Exit dan restart komputer.

2. Clonezilla adalah software gratis yang bisa anda download di http://clonezilla.org. Clonezilla terdiri dari Live CD/USB dan Server Edition, jika anda hanya ingin melakukan clone pada komputer anda, maka sebaiknya anda download Live CD/USB dan selanjutnya membuatnya bootable dalam CD atau USB. Cara clone hard disk dengan Clonezilla adalah dengan melakukan booting dari Live CD/USB yang telah anda buat.
Setelah anda booting dari Live CD Clonezilla, selanjutnya terima saja semua pengaturan defaultnya
dan sampai pada tahap untuk menentukan apakah anda mau membuat image dari hard disk anda (device - image) atau anda mau melakukan clone dari hard disk lama yang telah anda pasang di secondary hard drive ke hard disk baru yang telah anda pasang di primary hard drive, maka anda bisa pilih device - device:
Jika anda pilih membuat image, maka tentukan lokasi untuk menyimpannya misalnya di hard disk external dan pastikan terformat dengan sistem file NTFS jika anda menggunakan Windows. Ketika pilihan opsi muncul, maka pilih "savedisk  save local disk as an image" agar bootloader tetap berfungsi dan Windows masih bisa booting. Jangan lupa beri nama image yang anda buat.
Untuk melakukan restore dari image yang telah anda buat ini, maka kembali seperti langkah pertama dan ketika sampai pada pilihan opsi save atau restore, pilih opsi "restoredisk" dan pilih image anda dan kemudian pilih hard disk baru anda. Pastikan pilih hard disk yang benar karena proses ini akan melakukan overwrite. dan bila prosesnya sudah selesai, maka anda bisa langsung booting dari Windows.
Untuk melihat screenshot selengkapnya, anda bisa lihat di sini.
Ada beberapa software lain yang bisa anda lakukan untuk clone, yaitu DriveImage XML, dan XXCLONE.

2 comments: