Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tuesday, October 9, 2012

Cara Menambah RAM Komputer


Untuk menjadikan komputer anda lebih cepat, salah satunya adalah dengan menambah RAM komputer. Karena dengan besarnya RAM anda bisa membuka beberapa aplikasi dalam waktu yang sama. Untuk menambah RAM komputer, anda bisa lakukan 3 hal, yaitu menambah RAM dengan melakukan upgrade, menambah Virtual memory atau menggunakan USB flash disk sebagai RAM.
1. Untuk melakukan upgrade, anda harus mengetahui dulu apakah komputer anda mendukung untuk melakukan upgrade RAM, anda bisa melihat manual atau website resmi komputer anda untuk mengetahui hal ini. Kalau memang bisa, maka anda bisa tentukan berapa RAM yang anda bisa tambah, dan tipe RAM yang sesuai dengan komputer anda, apakah PC133, SDRAM, DDR, DDR2 atau lainnya. Misalnya komputer anda mempunya dua slot dan sekarang masing- masing terisi dengan module 512 MB, maka anda bisa mengganti pada masing- masing slot dengan module RAM 1 GB sehingga RAM komputer anda menjadi 2GB. Anda juga bisa mengetahui dengan bantuan Crucial Memory Advisor  di http://www.crucial.com. Masukkan Manufaktur, seri dan model komputer anda, dan anda akan mengetahui secara detail mengenai RAM komputer anda.


Anda juga bisa menggunakan Command Prompt untuk mengetahui beberapa informasi tentang memory chip dalam komputer anda. Ketik perintah wmic memorychip get manufacturer untuk mengetahui pembuat memory chip, atau ketik perintah wmic memorychip get /? untuk mengetahui daftar informasi yang bisa anda ketahui.
Setelah anda siapkan module RAM yang sesuai, maka anda bisa membuka case komputer anda, usahakan sentuh case komputer anda yang berupa logam untuk membebaskan diri anda dari listrik statis yang bisa merusak chip memory, dorong ke bawah kedua tab untuk membuka RAM yang lama, dan masukkan RAM yang baru, pastikan terpasang dengan baik.




2. Untuk menambah RAM dalam bentuk Virtual Memory, dalam Windows 7 klik Start > Control Panel > System and Security > System, dan pada bagian kiri window klik Advance system settings. Kemudian klik Settings... pada bagian 'Visual effects, processor scheduling, memory usage and virtual memory'. Selanjutnya pada window yang muncul klik Advanced, lalu pada bagian 'Virtual memory' klik Change. Hilangkan tanda tik pada 'Automatically manage paging file size for all drives'. Lalu klik Custom size dan masukkan nilai yang anda inginkan pada Initial size dan Maximum size,misalnya 4410 MB pada Initial size dan 5000 MB pada Maximum size. Lalu klik OK > Apply > OK > OK.

3. Anda juga bisa menggunakan USB flash disk sebagai alternatif menambah besar RAM. Hal ini bisa dilakukan pada Windows Vista, 7 dan 8 dengan menggunakan fitur Readyboost, sedangkan Windows XP pada fitur Virtual Memory dengan menggunakan USB. Anda bisa lihat tutorial tentang masalah ini pada Mengenal ReadyBoost.

7 comments:

  1. Assalam...
    nak tanya,saya dah ikut petukjuk ke 2.tapi bila tengok di "START MANAGER" tiada apa yg berubah pun,ram saya tetap 1024MB..harap ada penjelasan.!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikummussalaam...Ini kan cuma virtual memory, sementara yg dideteksi dalam task manager hanyalah physical memory. Coba ulangi caranya dengan betul dan tengok waktu klik "Advanced", berapa yg tertulis di Total paging file size for all drive, maka itulah virtual memory yg komputer anda gunakan. Terima kaseh atas comment-nya.

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. widihhh mantap bgt dachhh bisa di coba nichhh thank's ya

    ReplyDelete
  4. Assalamu'alaikum
    cara nomer 2, apakah ini menggangu kecepatan komputer atau tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Sebenarnya jika anda sudah punya cukup RAM, anda tidak perlu melakukan hal tersebut. Hal ini cuma bisa membantu yg RAM-nya masih minimal. Misalnya jika ada aplikasi yg mengkonsumsi banyak memory, maka Windows akan memindahkan aplikasi yg ter-minimize ke paging file untuk memberi ruang aplikasi yg aktif dalam RAM. Tapi hal tersebut tidak mengganggu kecepatan komputer.

      Delete